Text
Hubungan Persepsi Insentif Persalinan Peserta JAMKESMAS dengan Kepuasan Kerja Bidan
Salah satu faktor penyebab rendahnya pelayanan persalinan, tingginya kematian bayi dan kematian ibu adalah menurunnya kemampuan mengakses pelayanan kesehatan terutama kelompok masyarakat kurang mampu atau miskin. Kematian ibu dan kematian bayi dapat dicegah jika pelayanan yang dilakukan oleh bidan memadai. Penanganan terhadap kesehatan ibu dan bayi bagi masyarakat kurang mampu telah dilakukan pemerintah sejak tahun 1998 sampai sekarang, melalui Jaminan Kesehatan Masyarakat. Pengelolaannya diserahkan langsung pada tiap Puskesmas yang kadang menimaulkan
perbedaan pesepsi. '\ .... --
Jenis penelitian ini adalah analitik observasional, rancangan ci:oss sectional, diperkuat pendekatan deskriptif kualitatif. Populasi penelitian
semua bidan yang melayani persalinan peserta Jamkesmas di kabupaten Karanganyar sebanyak 352 Teknik pengambilan sample dengan cluster
sample rnenggunakan kriteria inklusi, jumlah sampel 59 orang. Analisa data univariat untuk mengetahui karakteristik responden berdasarkan pendidikan,
umur, masa kerja dan status kepegawaian. Analisis bivariat untuk mengetahui hubungan persepsi insentif persalinan peserta Jamkesmas dengan kepuasan
kerja bidan,
Hasil uji statistik product moment menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan (p < O,05).antara persepsi tentang keadilan, besaran, transparansi, prosedur klaim dan prosedur pembayaran yang terdapat pada insentifpersalinan peserta Jamkesmas dengan kepuasan kerja bidan.
No other version available