Text
Strategi dan Taktik Pemasaran Dalam Upaya Peningkatan Pemanfaatan Poli Gigi Puskesmas Kenjeran Surabaya
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dengan pendekatan cross sectional. Tujuan umum penelitian tersusunnya Strategi pemasaran berdasarkan segmentasi, dan positioning, serta menyusun taktik pemasaran berdasarkan 7 P bauran pemasaran. HAsilnya didapatkan bahwa : 1) segmen pasar di puskesman kenjeran Surabaya adalah masyarakat yang berusia 15-29 th, hampir seluruhnya perempuan, dengan tingkat pendidikan SMA, dan jarak tempat tinggal dengan puskesmas < 2 km, mempuyai penghasilan > Rp 1.500.000, pekerjaan sebagai ibu rumah tangga dengan harapan terdapat layanan penambalan sewarna gigi dengan sinar serta biaya terjangkau, 2) positioning poli gigi disesuaikan dengan psikografi dalam pemilihan pelayanan poli Gigi Puskesmas Kenjeran Surabaya, 3) strategi yang di pakai adalah pelayanan perawatan gigi dengan ruang pelayanan gigi yang bersih,rapih,indh,dan petugas mau mendengarkan dan menanggapi keluhan pasien serta peralatan yang memadai dan bersih. Selanjutnya di susun strategi pemasaran sebagai berikut: 1) Rancangan Product: Penambahan pelayanan di poli gigi puskesmas Kenjeran Surabaya yaitu penambalan sewarna gigi dengan sinar atau komposit, 2) Rancangan Price: masih memberlakukan tarif lama untuk penambalan gigi biasa dan mengusulkan untuk tarif baru penambalan sewarna gigi dengan sinar sebesar Rp 30.000, 3) Rancangan Promotion: untuk meyakinkan pelanggan mengenai posisi produk, maka model promosi yang di lakukan antar lain meningkatkan intensitas penyebaran informasi melalui kader kesehatan,penyuluhan,dan penyebaran leatflet, 4) rancangan Place: mengusahakan agar ruang perawatan gigi Poli GIgi Puskesmas Kenjeran tetap bersih, rapih, dan indah maka digunakan jasa cleaning servise, 5) rancangan Procces: (a) segera memberi layanan gigi (10-30 menit) setelah mendaftar di loket, (b) penambahan waktu buka dan waktu pelayanan sesuai harapan pelanggan yaitu: waktu buka loket pagi 07.30-12.00, sore 16.00-18.00 dan waktu pelayanan pagi 07.30-14.30, sore 16.00-19.00, 6) rancangan People: kompetensi tenaga pelayanan sesuai profesi, dokter gigi/perawat gigi mau mendengarkan dan menanggapi keluhan pasien,ramah,sopan,dan berpakaian dinas seperti sekarang, 7) rancangan Physical facilities: (a) alat dan perawatan gigi yang memadai, (b) ruang tunggu yang nyaman misalnya disediakan televisi, (c) tempat parkir yang aman, misalnya: ada petugas parkir
No other version available