Text
Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Kualitas Pelayanan Pendidikan Di Poltekkes Kemenkes Surabaya
penelitian ini bertujuan diketahuinya tingkat kepuasan mahasiswa atas kualitas pelayanan pendidikan di poltekkes kemenkes surabaya. penelitian ini merupakan penelitian jenis deskriptif dengan pendekatan cross sectional. populasinya adalah seluruh mahasiswa semester empat di poltekkes kemenkes surabaya dengan target populasi 880 mahasiswa. sedangkan sampelnya adalah sebagian dari populasi tersebut, yang diambil dengan teknik proposive sampling, sebnayak 275 mahasiswa. variabel penelitiannya adalah tingkat kepuasan mahasiswa atas kualitas pelayanan pendidikan dinpoltekkes kemenkes surabaya. instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner dan analisinya menggunakan analisis deskriptif. simpulan penelitiann: 1) Ruang Kelas: hampir seluruhnya mahasiswa menyatakan tidak puas, 2) Fasilitas perpustakaan sebagian besar menyatakn tidak puas, 3) Fasilitas laboratorium: sebagian beasr tidak menyatakan puas, 4) Fasilitas komputer atau internet: sebagian besar mesrasa tidak puas. 5) Pelayanan dosen hampir seluruhnya prodi di lingkungan poltekkes kemenkes surabaya mahasiswanya merasa tidak puas terhadap pelayanan dosennya. bahkan ada jurusan 100% mahasiswanya tidak puas atas pelayanan dosen. sehingga disarankan agar: 1) pihak manajemen poltekkes: (a) perlu menambah sarana dan prasarana pendidikan, (b) perlu diadakan pelatihan entrepreneurship bagi dosen, serta memasukkan IT ke dalam proses pembelajaran.
No other version available