Text
Pengaruh Eduksi Suportif Terstruktur Terhadap Mobilisasi dalam Konteks Asuhan Keperawatan Pasien Fraktur dengan Fiksasi Ekstermitas Bawah
Penelitian ini bertujuan menjelaskan pengaruh intervensi edukasi suportif terstruktur terhadap mobilisasi pada psien paksa operasi ekstrimitas bawah. penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain pre test dan post test dengan menggunakan kelompok kontrol. Intervensi yang digunakan dalam studi ini adalah edukasi suportif terstruktur yang di berikan pada fraktur ekstrimtas bawah yang di lakukan fiksasi sebagai pengobatan. Tingkat kemandirian pasien dalam mobilisasi di amati selama paca operasi. Besar Sample adalah 28 pasien yang terdiri atas masing-masing 14 pasien pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Analisis t-paired menunjukan adnya perbedaan signifikan secara statistik pada aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan pasien dan perawatan diri pasien pada kelompok mobilisasi dini (p=0.005). sementara 5-pooled test menunjukan adanya perbedaan signifikan dalam hal pengetahuan, siakp dan keterampilan pasien pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Simpulan penelitian: edukasi suportif terstruktur yang yang di berikan pada pasien selama fase pra oepratif berpengaruh terhadap perawatan diri pada mobilitas dini selama fase paska operasi.
No other version available