Text
Implemensasi RPP Mata Ajar Keperawatan Jiwa dalam Rangka Mencapai Kompetensi:Malaksanakan Asuhan Keperawatan Jiwa Bagi Mahasiswa D III Keperawatan Tingkat III B Semester V Jurusan Keperawatan Poltekes Kesehatan Surakarta
Penyelenggaraan pendidikan yang kualitas dirasakan perlu dalam usaha menghasilken lulusan yang kompeten. Dosen berkewajiban membantu mahaiswa dalam menacapi kompentesi yang dipersyaratkan. Namun demikian kendala muncul seperti perencanaan pembelajaran yang seharusnya menjadi pedoman membelajaran dibuat hanya untuk kepentingan administratif dan belum digunakan secara benar sebagai guide terhadap proses pembelajaran, metode ceramah yang berfokus pada penjelasan dosen membosankan, dan mahasiswa medara kesulitan untuk masyarakat penugasan bila petujuk mengejakan masih belum jelas. Penelitian ii merupakan Peneltian Tindak Kelas (Classroom Action Research) yaitu suatu penelitian yang dilakukan oleh seorangguru/dosen di dalam kelasnya sedirimelalui refleksi diri, dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya, sehingga hasil belajar mahasiswa menjadi meningkat. Hsil penelitian menunjukkan bahwa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Keperawatan Jiwa emberikan petunjuk dosen dalam melaksanakan proses pebelajaran. Penelitian menemukan bahwa diperlukan beberapa Pelngkapan dalam memenuhi perencanaan yang baik antara lain mempersiapan alat evaluasi yang sesuai, membuat kisi-kisi, serta menyiapkan materi ajar yag lebih baik sebagai pedoman pembeljaran. Metode pembelajaran diskusi kelompok kecil merupakan salah satu metode yang dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa mencapai kompetensi dasar menjelaskan konsep keperawatan jiwa dan meningkatkan keaktifan mahaisiwa dalam pembelajaran keperawatan Jiwa. Metode pembelajaran rol play merupakan salah satu metode yang dapat meningkakan kemampuan mahasiswa mencapai kompentesni dasar melaksanakan pengkajian pada pasien gangguan jiwa dan meningkatkan keaktifan mahasiswa dalam pembelajaran keperawatan Jiwa. Mengingat petingnya perencanaan pebelajaran sebagai petunjuk dosen dalam melaksanakan proses pembelajaran, maka silabus maupunKPP mata ajar seharusnya dibuat selengkap mungkin untuk membrikan petunjuk bagidosen dan mahasiswa. Metode pembelajaran diskusi kelompok kecil dan metode rolr play dapat direapkan dalam rangka membantu mahaiswa untuk berpatisipasi secara aktif dalam rangka mencapai kopetensi mta ajar. Dosen sebaiknya membiasakan diri untuk melakukan self evaluasi sebagai role model serta memahami kekurangan dan meningkatkan perannya sebagaidosenm
No other version available