Text
Analisi Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Melakukan Pemeriksaan Sensoris Mahasiswa Jurusan Okupasi Terapi
Analisa pembelanjaran untuk meningkatkan kemampuan ketrampilan Pemeriksaan Sensoris Mahasiswa Jurusan Okupasi Terapi Polieknik Kesehatan Kemekes Surakarta 2010. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui pemeriksaan sensoris pada: 1) gambaran mengenai perencanaan pembelajaran pemeriksaan sensoris pada Mahasiswa Jurusan Okupasi Terapi Poltekes Surakarta, 2) gambaran mengenai pelaksanaan pemeblajaran pemeriksaan sensoris pada Mahasisiwa Jurusan Okupasi Terapi Poltekes Surakarta Strategi penelitian yang digunakan adalah studi kasus terpancang (embedded case study research).Analisis data dlakukan melalui melalui analisi kualitatif. Sumber data penelitian berupa 1) informan atau nara sumber dari mahasiswa, dosen pengampu dan pengelola pendidikan, 2) arsip dan dokumen menegnai perencanaan pembelajaran pemeriksaan sensoris. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendadalam, focus group discussion, observasi partisipatif, dan studi fokumen. Hasil penelitian bahwa;1) perencanaan pembelajaran pemeriksaan sensoris belum terncana dengan baik dan sistematis. Masih ada kekurangan karena beberapa langkah dalam desain instruksional untuk perencanaan pembelajaran belum dilaksanakan, 2) Pelaksanaan pembelajaran pratek pemeriksaan sensoris di laboratorium menggunakan metode demonstrasi, diskusi dan role play sudah berjalan dengan baik, 3) Eavaluasi pembelajaran sudah dilaksanakan dengan baik menggunakan penilaian pencapaian kompetensi. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa Jurusan Okupasi Terapi perlu meningkatkan kualitas pembelajaran dan kualitas dosen mengampu serta mwngupayakan peningkatan input calon pserta didik atau mahsiswa.
No other version available