Text
Manajemen Sumber Daya manusia di Politeknik Kesehatan Medan
Di politeknik Kesehatan Medan, manajemen untuk mengembangkan dosen yang profesional belum optimal. Dosen banyak yang belum dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya secara benar. Pencapaian secara sistematis, penilaian kinerja dosen belum terlaksana secara optimal serta pelatihan dan pengembangan dosen tidak terencana dengan baik. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif yaitu penelitian kualitatif yang menempatkan teori pada data yang diperolehnya. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Temuan dalam penelitian ini adalah perencanaan dosen yang ada masih untuk jangka pendek untuk tingkat direktorat. Analisis yang dipakai untuk perencanaa dosen adalah analisis rasio,. Penelitian kinerja dosen belum optimal, penilaian yang ada hanya dari mahasiswa, inipun tidak dilakukan secara rutin disetiap Jurusan. Penilaian hanya berorientasi pada pembelanjaran, belum didasarkan pada Tridharma Peguruan Tinggi seutuhnya. Penilaian yang ada berorientasi pada masa lalu, belum berorientasi pada masa pada masa depan. Hasil penilaian belum seluruhnya diberitahu pada seluruh doesn. Reward dan merit system yang ada belum diberikan karena dosen tersebut memang memiliki kinerja yang baik. Analisis kebutuhan pelatihan dan pengembangan dosen belum tertata secara sistematis masih bersifat personal, metode pelatiahan dan pengembangan dosen banyak dengan pendidikan lanjut, workshop dan seminar. Evaluasi terhadap pelatihan dan pengambangan belum optimal dimana yang dilakukan masih berupa observasi. Tindak lanjut yang dilakukan setelah pelatihan hanya berupa sosalisasi kepada dosen tentang hasil pelatihan. Berdasarkan data yang ditemukan, penulis menyarankan bebrapa hal terkait manajemen seumber daya manusia di Polietknik Kesehatan Medan yitu: Pertama, dalam kegiatan perencanaan dosen perlu adanya inventarisasi yang menyelurh sehingga perencanaan jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek dapat disusn. Perlu pembinaan dari Direktorat tentang perencanaan dosen ke tingkat jurusan. Perlu peningkatan kemampuan manajerial terutama untuk Ketua Jurusan dan penerapan menajemen partisipatif. Kedua, Evaluasi kinerja dosen perlu dilaksanakan secara lebih optimal baik darai pimpinan maupun mahasiswa. Hasil penilaian kinerja dosen hendaknya diberitahu kepada dosen yang bersangkutan agar dosen tersebut bisa memperbaiki kinerjanya. Perlu diterapkan reward dan merit system yang diberikan hanya pada dosen yang memiliki kinerja yang baik untuk memotivasi dosen. Ketiga, perlu disusun pemetaan kebutuhan pelatihan dan pengembangan dosen, bersama dengan dosen Perlu diadakan sosialisasi arah pelatihan dan pengembangan dosen.
No other version available