Text
Perbedaan Perkembangan Psikososial Anak Prasekolah dengan Padu dari Playgroup dan Tanpa Playgroup
The problem raised in this study the difference in psycho-social development among preschool-age children provided with or without playgroup intervention. The study was aimed at identifying such difference. This was analytical survey, using case-control study design and using retrospective approach. Jenis penelitian ini adalah analitik, dengan rancangan penelitian kasus control (case control) dan menggunakan pendekatan retrospective. Populasi adalah anak – anak usia prasekolah (5-7 tahun) yang mendapatkan pendidikan di Taman Kanak-kanak Dharma Wanita Desa Tambakmas Kecamatan Sukomoro Kabupaten Magetan. Jumlah sampel 30 responden yang merupaan saluran total populasi. Responden dibagi menjadi dua kelompok. Hasil penelitian pada kelopok anak prasekolah dengan PADU dari playgroup sebagian besar mempunyai perkembangan psikososial dengan kategori baik (60%). Pada kelompok anakprasekolah dengan PADU tanpa laygroup sebagian besar mempunyai perkembangan psikososial dengan kategori cuup (50%). Hasil uji Whitney U Test antara kelopok anak prasekolah dengan PADU dari playgroup dan tanpa playgroup dengan derajat kemaknaan p < 0,05 didapatkan p = 0,021 yang berarti bahwa “ada perbedaan perkembangan psikososial anak prasekolah dengan PADU dari palygroup dan tanpa playgroup”. Dari hasilpenelitian ini dapat disimpulan bahwa perkembangan psiososial anak prasekolah dengan PADU dari playgroup lebih baik daripada tanpa playgroup sehingga pada guru lebih memperhatikan kebutuhan dan perkembangan anak pada masa prasekolah. Bagi orang tua lebih memperbaiki dan meningkatkan pola asuh anak di rumah serta mengikutkan anak untuk masuk pADU di laygroup.
No other version available